10.17.2011

HRD sekaligus CEO atas bisnis saya sendiri!

Ini sebenernya bukan tulisan saya, melainkan tulisan kakak saya.. hehe.. namanya Devi Tania Juliasari, tulisan ini sangat inspiratif bagi saya.. semoga bisa bermanfaat juga bagi yang membacanya..

HRD sekaligus CEO atas bisnis saya sendiri!

Pernahkah mengalami percakapan seperti ini dengan downline anda?
Downline: Mbaa, saya ga tau nih bisa tutup poin 100 apa enggak?
Upline: Kenapa emangnya mba? gak ada yg mau beli produknya apa gimana?
D: Ada sih, tapi..hmm aku gak punya modal sebanyak itu..

Atau spt ini:D: Mbaa, sptnya saya ga naik level bulan ini dehh
U: Lah kenapa mbaa, gak dapet prospekan?
D: Aku gak sempat nawar2in nih, pulang kantor capek, udah malem, urus anak, udah ngantuk mbaa
U: Kan bisa sabtu minggu mbaa
D: Wah sabtu minggu kan waktu keluarga mba.. kadang diajak jalan2 sama suami..

Atauu spt ini:D: Mba, saya sebenernya tertarik gabung sih, tapi harus tutup poin setiap bulan ya?
U: Iya mba, kalo mau bisnisnya harus tupo mba, spy keluar bonusnya
D: Iya tapi kan di kantor saya banyak yg udah ikutan member, terus sy mo jualan dimana?

Ataauu menemukan yg kayak gini nih:D: Mba, sy mau naik level sih, tapi sy paling anti dikasih target, jd tlg jgn suruh saya ini itu ya
U: Ok mba, berarti mba termasuk user aja atau penjual, gak mau dapetin bonusnya niiih?
D: Ya mau dong mba.. tp pelan pelan aja deh, sy pasti nyampe kok, kl buru2 gini sy suka gak sanggup

Percakapan itu semua "lucu"nya gak cuma disampaikan oleh teman-teman yg baru bergabung di bisnis anda, tapi jg oleh teman2 yang sudah meng'komit'kan diri sebagai core team/team inti.. "saya mau sukses disini mbaa..", "saya pingin dpt bonus jutaan", "saya mau kejar mimpi saya!" dsb.
Tapiiii... justru kalimat2 'penolakan atas tupo' spt diatas sering kita temukan..

Seperti kata mba Evi D. Ranti, diamondnya d'bc network yg baru saja dapetin cash reward 42jt+honda CRVnya.. beliau bilang menemukan Core Team itu ibarat merekrut karyawan di perusahaan kita.. kalo pas wawancara atau proses rekrutmennya gak sesuai, entah krn sesi interview atau testnya yg tidak sesuai persyaratan perush, berarti ybs gak diterima sbg karyawan kita. Sesimpel itu aja kok...

Hmm lantas kenapa pertanyaan2 diatas itu bisa sampe di telinga kita? padahal udah kadung direkrut?
Ya karena pada saat awal "proses perekrutan karyawan" itu sebagai HRD kita gak memberikan training yg sesuai.
Gak dijelasin job desc kerjaannya, gak dimotivasikan utk apa dia bekerja di perusahaan.
Karyawannya blank gak tau mesti gimana-gimana.Kembali lagi mengaca ke kita sbg Perusahaan/Uplinenya.. kl di bisnis, sudahkah mrk ditraining getting started? core team ditraining secara reguler? dibimbing dan bina secara interpersonal?

Trus kalo udah terlanjur rekrut "karyawan" alias tentukan core team tapi nemu kategori downline yg menolak seperti diatas, terus mo diapain dong?
Ya mohon maaf, berarti karyawan tsb tidak lolos masa percobaan 3 bulan.. masa probation..dan gak dilanjutkan kontrak kerjanya.. :) (HRD yg galak)

Tapii saya mau bantu dia utk jalanin bisnisnya.. kejar impiannya.. gimana?

Nah, sekarang kita bertindak sbg CEO nih bukan HRD lagi hehe.. tapi jadi CEO spt Steve Jobs ya.. yg kreatif, bs motivasi karyawannya dan visioner.. hidup iPhone! #eh

Mba... ibarat mba kerja di pabrik, perusahaan akan memberikan komisi bagi para karyawan yg bisa menjual produk sebanyak2nya... komisi tergantung penjualan kita.. nahh, kalo kita gak mau jualin produk itu even 1 biji pun, trus masa mo minta komisi dari pabrik? apakah menurut mba perusahaan akan membayar mba?

Analogi ini sama spt bisnis MLM di Oriflame, kita mau jadi core team, artinya mau bisnisnya, mau dapetin bonusnya, mau merekrut orang, tapii kita gak mau beli produknya, jualan produknya.. hmm apakah Oriflame akan transfer uang bonus jutaan atau minimal ratusan ribu ke rekening kita?

Bandingkan dengan membuka toko (tanpa mengecilkan para pemilik toko yang hebat2 daya juangnya, saya salut dengan mereka), uang sekitar 500rb yang dikeluarkan setiap bulan untuk tupo jauh lebih 'kecil' mba, dibanding pengeluaran kalo kita memiliki toko... kita harus bayar listrik, sewa tempat, gaji pegawai, dan itu dikeluarkan sbg biaya tetap/fixed cost kita.. beban yg habis dibayarkan... sedangkan tutup poin kita setiap bulan bisa dapat produk, dan bisa dijual juga, plus profit 30% nya juga..

Kalo kata salah satu leader saya, tupo adalah "bentuk loyalitas n konsistensi n komit kita ke oriflame bahwa kita MAU maju disini" ciyee keren yaa *lirik si leader*

Kalo pencerahan seperti itu juga membuat mrk tidak bergeming, berarti tegas aja, masa probationnya tidak lulus.. dan spt kata mba Dini Shanti (saya baca di status2 para leader beliau), "fokuslah pada yang mau, pada yang aktif, jangan pikirkan mereka yang tidak mau!". No wonder beliau 2 tahun berturut-turut jadi the fastest growing leader se Asia ya. Tegas!

Nah mba, kalo yg mau jadi penjual atau pemakai aja gimana?? nahhh itu lain lagi.. mrk bukan masuk golongan core team, tapi kita wajib service mereka, kasih info2 promo, hadiah, dsb.. tetap selipkan motivasi, siapa tau dpt "hidayah" suatu saat jadi core team. wkwkwkkww...

Sekarang, mari singsingkan lengan baju, bekerja layaknya HRD sekaligus CEO.. owner of our own biz..
Dann hebatnya, proses merekrut karyawan (HRD) dan manage/motivate (CEO) ini akan terus dilakukan....selamanya.. sepanjang kita berada di bisnis ini... Mau terima tantangan ini? ^_^

GO SM my dear team!!! Go Diamond!

devi tania
ciangsana bogor

terimakasih buat Eka atas analogi pabrik itu ya :)

Salam,
Egha
www.24jam-7hari.com

0 komentar:

Recent Comment