7.12.2011

behel alias kawat gigi



Alhamdulillah.. fiuhhhh akhirnyaaa lepas juga inii behel dari mulut kuuu :D
Lega.. pastiii, berasa gak ada beban lagi di gigi :P hehe..
Ini behel udah saya pasang dari saya semester 3 lebih tepatnya pertengahan 2005
Yaa kalau dihitung berarti sudah 6 tahun qiqiiqiq… pernah ada yang lebih lama dari saya?klo ada.. alhamdulillah berarti saya gak parah-parah amat berarti :P


babayy ngilu-ngilu.. sariawan, selip - menyelip

Sebenernya sih kalau aja saya rajin control, mungkin bisa lebih cepat di copotnya.. 3-4 tahun (karena gigi saya banyak yang posisinya tidur jadi lama rapihnya)
semua gigi yang bermasalah sudah rapi jali di gusi.
Tapiii.. karena saya gak rajin alias malas control jadinya yaa gini molor 2 tahun :P

Jadi.. buat yang mau pake behel disaranin banget nih yaaa..
1. Cari dokter yang dekat dengan jangkauan kita, cari dokter yang dekat dengan rumah lebih baik, kenapa??karena kalau jauh akan makan waktu.. belom kena macet, abis kena macet sampe sana entah dapat no.nya ke sekian, or karena kelamaan dokternya udah keburu ada janji (gw bangett) jadilah ditunda control giginya.
2. Jangan karena tahu harganya lebih murah atau karena rembesan kantor jadi bela-belain cari yang jauh. Padahal sih behel nya murah tapi kalau control behelnya mahal sama aja kan?kontrol behel yang baik itu min. 2 minggu sekali at least 1 bulan sekali. oh iyaa jangan sampee pasang di tukang gigi juga hikss gak higienis.. gak ketauan juga gigi kita bermasalah di bagian sebelah mana
3. Jangan pake behel cuma buat trend aja.. selain sakit cyinnnn, mahal pulakk.. Dokter saya kemarin cerita, sekarang dia gak menyediakan pemasangan behel lagi karena menurut penelitian di London, sebenernya pemakaian behel itu gak akan bikin rapih gigih 100%, banyak makan waktu dan mengganggu pola makan. Lebih baik klo mau merapikan gigi, pake metode kosmetik.. 2 minggu langsung rapi.
4. Rajinnn gosok gigi dan bersihin karang gigi, klo jarang bersihin karang gigi.. hmmm pasti bakalan jadi plak dan nempel di gigi.. pas mau di hilangin.. ngilunyaa minta ampunn

Tapi.. ini Cuma saran yaaa.. kalau udah pengen pake karena merasa urgent yaa gak pa pa  sudah siap dengan segala resikonya kan berarti?
Oh iya.. setelah behelnya nya di lepas tetep kita harus pake retainer, retainer ini fungsinya untuk mempertahankan bentuk gigi agar gak kembali berantakan. Di pakainya hanya saat tidur aja selama min. 1 tahun.

Retainer ada 2 bentuk, yang pertama Hawley re-tainer bentuknya kayak behel non permanent kekurangannya retainer dengan bentuk ini kita harus check up ke dokter setiap bulan karena gampang longgar, jadi harus di kencengin.



retainer ke dua namanya transparant retainer bentuknya plastic-kaca, pernah liat petinju pake pelindung gigi gak?yahh gitu bentuknya :D kekurangannya harus hati-hati karena klo jatuh bisa langsung pecah..duh bisa garuk2 pala saya klo sampe pecah (mahal cyinnn)


Dulu kenapa saya pengen pake behel?karena gigi saya berantakan terutama yang bagian bawah dan sekalian ngurusin badan (dulu Berat saya hampir 60 kg) tapii ternyata gak kurus2 jugaa :P kurusnya malah bukan karena pake behel qiqiqi. Ternyataa mitos behel bisa ngurusin itu gak bener yaaa… jangan percaya :P

2 komentar:

Maya Irmayanti mengatakan...

hahaha..lucu kisahnyaaa..
:D
jdi batal dah pasang behel gigi
*kepengaruh trend,
uiaa salam kenal, saya maya :)

Egha mengatakan...

hai mayaaa :) salam kenal jugaa...
hehe.. kalau gigi kamu bermasalah gpp pake behel tapi jangan ikutin trend sayanggg soalnya.. mahal pulakk qiqiqi

Recent Comment